Zelensky Peringatkan Rusia Bisa Lakukan Kekejaman Selama Peringatan Hari Kemerdekaan Ukraina


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan semua pihak bahwa Rusia bisa melakukan sesuatu yang sangat "kejam" selama sepekan mendatang ketika Ukraina menandai 31 tahun kemerdekaan. "Rusia dapat mencoba melakukan sesuatu yang sangat menjijikkan, sangat kejam," kata Zelensky dalam pidatonya pada Sabtu (20/8/2022) malam. "Salah satu tujuan utama musuh adalah untuk mempermalukan kita dan menabur kesedihan, ketakutan, dan konflik," ungkap dia, sebagaimana dikutip dari AFP.

Tetapi, dia berseru, Ukraina harus cukup kuat untuk melawan semua provokasi dan membuat penjajah Rusia membayar teror mereka. Hari Kemerdekaan Ukraina jatuh pada Rabu, 24 Agustus. Tanggal ini juga akan menandai enam bulan sejak Rusia menginvasi Ukraina. 

Ada spekulasi bahwa Rusia akan mengadili pejuang Ukraina yang ditangkap selama pengepungan di wilayah Mariupol bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Ukraina. Di kota timur laut Kharkiv, gubernur mengumumkan jam malam dari tanggal 23 Agustus malam hingga 25 Agustus pagi. "Kami tidak akan membiarkan provokasi apa pun oleh musuh. 

Bersikaplah waspada selama liburan kemerdekaan kami," tulis Oleg Synegubov di Telegram. Kharkiv telah berada di bawah pemboman reguler Rusia selama berminggu-minggu dan pada hari Minggu (21/8/2022) ini, layanan darurat mengatakan dua warga sipil tewas dalam serangan semalam. "Empat warga sipil dilaporkan tewas oleh tembakan Rusia di Donetsk," kata gubernur wilayah pro-Kyiv, Pavlo Kyrylenko.


Comments

Popular posts from this blog

Hasil Akhir Southampton vs Chelsea: The Blues Kena Comeback The Saints

Taiwan Usai Tembak Pesawat Nirawak China: Kami Lawan Semua Penerobos

Usulan Kemenkes: Vaksin Covid Booster Tambahan Bayar, BPJS Gratis