Jokowi soal Cacar Monyet: Tak Perlu Terlalu Panik



Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak panik menghadapi ancaman penularan cacar monyet. Jokowi menyampaikan cacar monyet hanya bisa ditularkan lewat sentuhan langsung. Menurutnya, penyakit ini tak menular lewat percikan air liur.

"Tetapi ini juga kita tidak perlu terlalu panik karena penularannya lewat kontak langsung, bukan lewat droplet," kata Jokowi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (23/8).

Jokowi menilai hal terpenting adalah persiapan. Ia mengaku telah memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mengantisipasi penularan dengan mempersiapkan vaksin cacar monyet. "Sudah saya perintahkan kepada Menkes, yang pertama, urusan vaksin segera," ujarnya.

Jokowi juga meminta pengetatan di pintu-pintu masuk kedatangan luar negeri untuk mencegah penyebaran cacar monyet. "Untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan kasus cacar monyet pertama di DKI Jakarta. Kasus itu merupakan orang yang baru kembali dari luar negeri. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkata penyakit ini hanya berdampak pada penampilan. Budi meyakini masyarakat akan selamat.


Comments

Popular posts from this blog

Hasil Akhir Southampton vs Chelsea: The Blues Kena Comeback The Saints

Taiwan Usai Tembak Pesawat Nirawak China: Kami Lawan Semua Penerobos

Usulan Kemenkes: Vaksin Covid Booster Tambahan Bayar, BPJS Gratis